(1 Oktober 2018) Hari Kesaktian Pancasila dan Peristiwanya

Pancasila merupakan idologi dasar untuk negara Indonesia. Nama ini sendiri terdiri atas 2 kata, dari bahasa Sanskerta, panca (lima) dan sila (prinsip atau asas). Pancasila adalah rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara untuk seluruh rakyat Indonesia.

5 sendi utama penyusun Pancasila, adalah :
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Tidak hanya itu saja, melainkan juga tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Walaupun terjadi perubahan kandungan dan urutan ke-5 sila Pancasila tersebut yang berlangsung selama beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila di tahun 1945, pada akhirnya tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila
Hari Kesaktian Pancasila, via rilis.id

Di tanggal 30 September 1965, terjadilah insiden yang dinamakan dengan Gerakan 30 September (G30S). Insiden tersebut masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan para akademisi akan siapa penggiatnya dan apa motif yang ada di latar belakangnya.

Akan tetapi, otoritas militer dan kelompok keagamaan terbesar pada saat itu menyebarkan kabar jika insiden itu adalah usaha PKI dalam mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965-1966.

Pada hari itu, sebanyak 6 jenderal dan 1 kapten, beserta dengan beberapa orang yang lain, dibunuh oleh oknum yang digambarkan pemerintah, sebagai salah satu upaya atau wujud kudeta. Gejolak yang muncul akibat dari G30S itu sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia.

Pemerintah Orde Baru selanjutnya menetapkan jika tanggal :
  • 30 September menjadi Hari Peringatan Gerakan 30 September. dan
  • 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila

Perbedaan Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila

Secara garis besar, Hari Lahir Pancasila merupakan hari di mana Pancasila untuk yang pertama kalinya diperdengarkan kepada umum. Pada saat itu, 1 Juni 1965, Soekarno berpidato di hadapan BPUPKI dalam mengusulkan nama dasar negara Indonesia dengan nama Pancasila.

Sementara itu, Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari di mana Pancasila dianggap sebagai dasar negara yang tak akan pernah bisa tergantikan. Pada hari inilah yang ada keterkaitan atau hubungan dengan G30S/PKI.

0 Response to "(1 Oktober 2018) Hari Kesaktian Pancasila dan Peristiwanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel